Monday, January 7, 2013


Talk Show: Universitas Ciputra

Di tanggal 13 November 2010, Tokopedia mendapatkan kehormatan diundang sebagai salah satu narasumber dalam talk show yang diadakan di Universitas Ciputra.

Acara Seminar / Talk show Tokopedia di Universitas Ciputra
Tema yang diangkat dalam talk show kali ini adalah Starting Up Your Online Business, selain saya mewakili Tokopedia, Pak Junaidi Kurniawan juga hadir sebagai narasumber mewakili Indonesia Web Design.
Para narasumber
Setelah memperkenalkan para narasumber, acara langsung dimulai dengan MC / moderator dari Universitas Ciputra yang melontarkan beberapa pertanyaan, dan kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab langsung dari para audience yang hadir dalam talk show tersebut. Sesuai temanya, pertanyaan yang ditanyakan antara lain seputar: darimana ide membangun tokopedia, bagaimana cara mendapatkan modal untuk memulai usaha, apakah perlu ada izin khusus dalam membangun bisnis online, apa-apa saja tantangan yang selama ini dihadapi; hingga pertanyaan yang lebih pribadi seperti apakah menurut saya sebuah gelar sarjana itu penting untuk berbisnis.
Ada dua hal yang sangat berkesan bagi saya dari acara talk show kali ini. Yang pertama adalah acara ini diselenggarakan oleh para mahasiswa Universitas Ciputra, dan ketika makan malam dengan para panitia nya satu hari sebelum acara talk show, semua nya menyodorkan saya kartu nama dengan berbagai macam bisnis yang sedang mereka kelola. Di usia semuda ini, mereka sudah mencoba membangun bisnis mereka, startup mereka. Sangat impresif! Semangat slogan Creating World Class Entrepreneurs dari Universitas Ciputra benar-benar tercermin dari para mahasiswa nya.
Yang kedua adalah betapa antusias nya para audience yang hadir. Begitu sesi tanya-jawab dimulai, setengah ruangan mengacungkan tangan untuk bertanya. Luar biasa!
Dalam kunjungan ke Universitas Ciputra ini, saya juga bertemu dengan beberapa Tokopediawan asal Surabaya dan mendapatkan banyak masukan dari mereka, baik dari penjual maupun pembeli seputar fitur-fitur yang mereka ingin ada di Tokopedia. Semoga dalam waktu dekat bisa terealisasi yah masukan dari teman-teman Tokopediawan asal Surabaya :)
co-founder / CEO Tokopedia, William mewakili Tokopedia dalam talk show ini
Kalaupun ada kekurangan, satu-satunya kekurangan adalah di diri saya sendiri. Sebenarnya saya pribadi tidak pernah nyaman berbicara di depan publik dengan audience lebih dari 5 orang :P
Akan tetapi setengah tahun terakhir ini, seiring dengan pertumbuhan Tokopedia, tidak jarang mendadak saya harus melakukan aktifitas public speaking di depan banyak orang; jadi untuk setiap kesempatan / undangan seperti ini, walau memikirkan nya saja sudah grogi; saya selalu mencoba mengiyakan dengan menganggap ini adalah sebuah kesempatan untuk saya belajar berbicara di depan umum.
Oleh karena itu buat para hadirin dalam berbagai event yang mengharuskan saya menjadi pembicara, mohon maklum nya jika melihat saya kemudian gemetaran di depan sana, dengan cara berbicara yang luar biasa cepat.
Akhir kata, lewat blog ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Universitas Ciputra dan Pak Trianggoro selaku Kajur TI UC, teman-teman dari UC dan para Tokopediawan yang telah hadir, para panitia yang telah bekerja keras dalam waktu singkat untuk mewujudkan acara ini, khususnya Mareno Karim yang menjadi penghubung antara Universitas Ciputra dengan saya. Sampai ketemu di lain kesempatan!
Buat yang di Jakarta, dan kebetulan seorang Binusian, bulan depan, tepatnya tanggal 15 Desember 2010, saya akan hadir di Auditorium Kampus Anggrek untuk berbagi pengalaman dengan topik The Making of Tokopedia. Buat para Binusian yang tertarik mengikuti acara ini, bisa langsung menghubungi SAC di Kampus Anggrek. Informasi lebih lanjut akan saya share di Fanpage Tokopedia. Buat yang belum menjadi Fans di halaman Fanpage kami segera click link berikut ini
posted by Jesse

No comments:

Post a Comment