Wednesday, January 9, 2013


Pindy Muliady: Yang Unik di Tahun Baru

Sebelumnya Tokopedia mau mengucapkan Selamat Tahun Baru 2013. Semoga kita semua dapat menyambut dan menjalani tahun yang baru ini dengan penuh semangat dan sukacita. “Galau” is so last year, man!
Bicara soal sukacita, agar hidup kamu selalu ceria dan penuh warna, kadang diperlukan sejumlah faktor pendukung yang dapat menyemangati kamu, dimulai dari hal-hal kecil kayak misalnya aksesori unik atau alat tulis lucu yang enak diliat gitu.
Nah, mengawali tahun yang baru ini, Tokopedia akan memperkenalkan sosok yang mungkin dapat membantu membuat hidup kamu lebih bermakna. Ada yang tau Panmomo Shop di Tokopedia? Toko yang menjual pernak-pernik alat tulis lucu dan unik ini dimiliki oleh manusia yang sangat teknis sekali lulusan Teknik Informatika bernama Pindy Muliady.
Ingin kenal lebih dekat dengan cowok Gemini ber-shio macan (tebak sendiri umurnya yah) ini beserta koleksi-koleksinya? Ini dia.
Dari mana aja sih produk-produk Pindy berasal?
Seperti hampir semua barang di dunia, produk Panmomo kami impor langsung dari Cina. Tapi bukan berarti kualitasnya bisa diragukan. Kadang ada yang bertanya mengapa barang Panmomo dari Cina tapi harganya mahal. Jawabannya karena kami sangat selektif dalam memilih supplier.
Lalu yang belanja biasanya dari kalangan mana aja?
Sebagian besar kalangan remaja wanita, disusul dengan remaja pria. Kami juga menjual ke reseller-reseller online.
Apa yang membuat Pindy tertarik dari produk-produk yang dijual?
Banyak sekali produk unik yang bisa ditemui di situs luar tapi sulit dicari di Indonesia, Hal ini memicu kami untuk terus menyediakan produk yang menarik dan berguna untuk konsumen dengan harga yang terjangkau.
Untuk usaha online ini sendiri, apa yang membuat Pindy tertarik?
Bisnis online dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil dan bisa dikerjakan dari rumah. Saya merasa potensi bisnis online sangat besar tapi seringkali dipandang sebelah mata. Masih banyak
area yang bisa dikembangkan terutama dalam kualitas pelayanan untuk konsumen. Apalagi masih banyak online shop yang hanya jadi sampingan pemiliknya saja, sehingga berpengaruh pada kualitas layanannya. Hal inilah yang membuat saya tertarik untuk fokus mengembangkan Panmomo.
Produk-produk yang paling dicari di Panmomo biasanya apa aja?
Produk yang paling banyak dicari biasanya organizer karena banyaknya pilihan dan harga yang masih terjangkau. Motif dan gambar di dalamnya juga sangat lucu. Selain itu produk dari Geekcook seperti Math Geek Clock dan DIY Messenger Bag juga menjadi andalan Panmomo,
Kalo produk favorit Pindy sendiri?
Android DIY Messenger Bag. Bentuknya unik dan yang menarik adalah perlu dirangkai sendiri tasnya. Apalagi Android juga salah satu operating system favorit saya, setelah Ios, Windows, RIM dan Linux.
Kan Pindy juga punya toko fisik. Nah, perbandingannya gimana tuh dengan jualan online?
Kelebihan online adalah marketnya sangat luas. Kita bisa mendapat konsumen dari luar pulau, bahkan luar negeri sekalipun. Toko kita juga bisa didatangi konsumen 24 jam sehari dengan modal yang relatif rendah. Untuk toko tradisional, adanya lokasi jualan yang tetap dan mudah didatangi konsumen, sehingga bisa mendapatkan konsumen dari sekitar toko. Kekurangannya adalah modal yang diperlukan cukup besar karena harus membeli atau menyewa tempat.
Apa kelebihan Tokopedia menurut Pindy?
Kecepatan respon adminnya. Waktu itu saya minta ganti link toko dan dalam beberapa menit langsung keganti. Setiap ada perubahan atau informasi baru selalu di infokan. Sistem pencairan dana juga cepat dan mudah.
Masalah apa aja yang biasa ditemui ketika berhadapan dengan konsumen? Solusinya bagaimana?
Masalah biasa terjadi ketika barang diterima dalam keadaan rusak, biasanya barang pecah belah. Panmomo memang akan mengganti barang yang rusak, tapi konsumen terlanjur kecewa karena harus menunggu lagi untuk mendapatkan barangnya. Kami mengatasi masalah ini dengan menggunakan packing bubble wrap untuk semua barang pecah belah seperti mug.
Ada kiat-kiat tertentu untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan?
Komunikasi yang baik, termasuk mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan, juga menjaga dan meningkatkan kualitas barang dan pelayanan.
Harapan Pindy di tahun yang baru ini apa?
Tentunya bekerja lebih keras untuk memajukan Panmomo.
Bisa dibagikan tips jualan untuk seller lain?
Menurut saya sangat penting untuk menjaga komunikasi yang baik dengan konsumen dan supplier. Sebagai penjual kita harus bisa memberikan respon secepat mungkin (balas sms, email ataupun inquiry melalui media lainnya). Kita juga harus jujur kepada konsumen soal produk yang kita jual. Jika tidak bisa memenuhi keinginan konsumen (respon lama, barang rusak ketika sampai di konsumen, stok barang habis, info no resi terlalu lama) jangan ragu-ragu untuk minta maaf. Yang tak kalah pentingnya juga hindari perang harga. Berikan harga yang masuk akal, tidak terlalu mahal sehingga konsumen masih sanggup membeli tapi juga tidak terlalu murah sehingga kita bisa menghidupi diri sendiri (dan keluarga) dari hasil usaha. Oh ya satu lagi, jangan pernah menyebarkan info yang belum kamu konfirmasi sendiri.

http://blog.tokopedia.com/2013/01/pindy-muliady-yang-unik-di-tahun-baru/
posted by Sakia

No comments:

Post a Comment